Sabtu, 14 Maret 2009

Manajemen Waktu: Keterampilan Mengelola Hidup

Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas penggunaan waktu. Waktu menjadi salah satu sumber daya untuk kerja yang mesti dikelola secara efektif dan efisien sehingga tercapainya hasil kerja yang optimal. Untuk dapat mengaplikasikan keterampilan managemen waktu, diperlukan beberapa hal yang akan dibahas kemudian.

Seorang muslim dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu mereka dengan baik. Hal ini didasarkan pada firman Allah swt dalam surat Al-Asr yang pada intinya menuntut umat Islam melakukan beberapa hal, yaitu: beriman, beramal shaleh, saling menasihati dalam kebenaran, serta saling menasihati dalam kebenaran. Apabila seorang muslim tidak melakukan hal-hal tersebut, maka mereka termasuk orang-orang yang merugi di hadapan Allah swt. Secara alamiah manusia juga perlu melakukan aktifitas lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sedangkan waktu yang kita miliki terbatas. Hal-hal tersebut tak mungkin dapat dilakukan apabila kita tidak memiliki suatu keterampilan dalam me-manage waktu.

Dalam penerapan manajemen waktu, langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuat perencanaan kegiatan. Langkah selanjutnya adalah memberikan prioritas pada rencana kegiatan tersebut dalam arti memutuskan tugas mana yang paling penting. Kegiatan mana yang peling penting, tentu saja berdasarkan dengan tujuan dan cita-cita kita karena pada intinya kita melakukan perencanaan tersebut untuk memuluskan jalan kita dalam mewujudkan apa yang kita inginkan. Kemudian yang paling penting, tentu saja komitmen kita untuk menjalankan perencanaan yang kita buat. Langkah-langkah tersebut akan mudah kita terapkan apabila kita membuat perencanaan kegiatan kita dalam bentuk tertulis sehingga lebih mudah untuk dievaluasi. 

Semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar